Notification

×

Iklan

Iklan

Momen Peringatan Hari Koperasi Nasional, Pj Bupati HSU Zakly Assawan Sampaikan Ini

Wednesday, September 4, 2024 | 04 September WIB Last Updated 2024-09-04T03:59:08Z


Pj Bupati Zakly Assawan



AMUNTAI - Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Hulu Sungai Utara (HSU) memperingati Hari Koperasi Nasional ke - 77, bertempat di Gedung Agung Setda HSU, Rabu (4/9/2024).


Pada kegiatan tersebut, dihadiri Penjabat (Pj) Bupati HSU, Zakly Asswan, Kepala Dinas Koperasi UKM Perindustrian dan Perdagangan (Diskuperindag), Kamaruddin, Ketua MUI HSU, serta Koperasi di HSU.


Dalam sambutannya, Pj Bupati HSU Zakly Asswan, menyampaikan, melalui momentum ini agar dapat mendorong untuk lebih giat dan semangat dalam mengelola, mengembangkan koperasi.


"Sehingga koperasi di HSU menjadi kuat, sehat, mandiri, tangguh dan berdaya saing, dapat meningkatkan akuntabilitas, kepercayaan, kepatuhan, kesinambungan serta mampu memberikan manfaat yang sebesar-besarnya kepada anggota dan masyarakat," ucapnya.





Selain itu dirinya menuturkan, menyikapi kondisi saat ini, dimana dinamika sosial dan teknologi berkembang dengan pesat, mengharuskan koperasi yang berada di HSU untuk beradaptasi dan terus mendorong transformasi digital bagi koperasi, meningkatkan kesadaran masyarakat untuk mencintai dan gemar mengkonsumsi produk lokal terutama produksi koperasi dan UKM.


"Maka dari itu, Diskuperindag HSU harus berjibaku agar dapat mengawal untuk mewujudkan kabupaten HSU yang maju, mandiri dan sejahtera, yang salah satu fokus utamanya adalah peningkatan ekonomi melalui pengembangan usaha mikro kecil menengah dan koperasi," ujarnya.


Lebih lanjut diakui Zakly Asswan, bahwa saat ini diharuskan untuk menaruh perhatian penting terhadap perkembangan koperasi, karena koperasi satu-satunya entitas usaha dengan demokrasi ekonomi, dimana kekuatan utamanya berada pada para anggotanya, bukan pada modal.


"Inilah yang membuat pemerintah daerah selalu membina dan mengawal pengembangan koperasi, kunci utama strategi pengembangan koperasi adalah dengan kebersamaan dan gotong royong, maka dari itu, saya harapkan kita semua harus giat, cerdas, dan secara profesional memajukan koperasi," imbuhnya.


Sementara Kepala Diskuperindag HSU, Kamaruddin, mengatakan, bahwa melalui Hari Koperasi Nasional, dapat diartikan dalam rangka mengevaluasi dan merencanakan langkah-langkah strategis guna kemajuan koperasi.


"Khususnya kemajuan koperasi yang ada di HSU dimasa yang akan datang, sesuai dengan tupoksi yang ditetapkan dalam peraturan bupati nomer 7 tahun 2023, Diskuperindag memiliki 3 tugas pokok dan fungsi, yakni melaksanakan pembinaan dan penyuluhan koperasi, melaksanakan pengawasan serta melaksanakan penilaian kesehatan koperasi di HSU," pungkasnya.


Sumber: Diskominfosandi 

Uploder: Tim


×
Berita Terbaru Update