Notification

×

Iklan

Iklan

Cegah Aksi Bullying Kantor Kemenag HSU Imbau Madrasah Kawal Pelaksanaan Masa Ta'aruf Siswa

Wednesday, July 17, 2024 | 17 July WIB Last Updated 2024-07-17T02:12:42Z

 

Kepala Kantor Kemenag HSU Nahdiyatul Husna pantau proses belajar mengajar.


Amuntai - Cegah aksi perundungan atau Bullying, Kantor Kemenag Kab. HSU mengimbau agar madrasah di Hulu Sungai Utara mengawal ketat pelaksanaan Masa Ta'aruf Siswa Madrasah atau Matsama. 


Kepala Kantor Kemenag Kab. Hulu Sungai Utara yang diwakili Kasubbag TU Kemenag HSU, H. Nasrullah, pada Apel Kesadaran Disiplin di Kantor Kemenag HSU, Rabu (17/7/24), mengatakan madrasah harus melindungi masa orientasi siswa baru tersebut dari tindak kekerasan bullying.


Dimana menurutnya, saat ini madrasah-madrasah di HSU sedang melaksanakan Matsama bagi peserta didik baru sebagai agenda awal tahun ajaran baru.


"Kami ingatkan dan imbau kepada madrasah untuk mengawasi dengan ketat pelaksanaan Matsama di tempat masing-masing," pesan Nasrullah kepada peserta apel Kepala Madrasah yang hadir di kesempatan itu.


Imbauan ke jajaran


Sampaikan imbauan Kepala Kantor Kemenag HSU


Imbauan ini sudah sesuai dengan Ditjen Pendidikan Islam Kemenag RI bahwa madrasah harus melindungi penyelenggaraan Matsama dari unsur kekerasan atau bullying. Madrasah harus mengenalkan nilai-nilai moderasi beragama, toleransi, inklusifitas dan nilai-nilai kemanusiaan. 


Nasrullah menambahkan bahwa tujuan Matsama ialah mengenalkan siswa kepada lingkungan belajar yang baru dan menumbuhkan rasa bangganya kepada madrasah. Karena itulah, masa orientasi siswa harus diisi dengan kegiatan-kegiatan positif untuk menanamkan nilai-nilai madrasah kepada siswa baru, sehingga mereka mencintai dan menjaga nama baik madrasah.


"Siswa madrasah sejak awal sudah harus ajarkan tentang hak dan kewajiban serta tanggungjawab dalam lingkungan pendidikan maupun lingkungan sosialnya. Siswa madrasah dibimbing agar menjadi siswa yang hebat dan bermartabat", tambahnya.


Kantor Kemenag HSU berharap pelaksanaan Matsama dan KBM Tahun Ajaran 2024-2025 dapat berjalan lancar sehingga dapat menciptakan pendidikan yang berkualitas bagi peserta didik, baik di tingkat RA, MI, MTs, maupun MA, khususnya di HSU. 


Sumber: Humas Kantor Kemenag HSU

Uploder: Tim


×
Berita Terbaru Update